Mengenali cara kerja mesin pencari mempermudah kita mengetahui bagaimana halaman web kita di-ranking oleh mesin pencari. Tetapi, bagaimana halaman web kita ditemukan adalah hal yang berbeda. Faktor manusia sangat berperan disini. Masing-masing orang memiliki cara yang berbeda dalam menyebutkan sesuatu yang dicarinya dalam kata-kata.

Ada yang memilih menggunakan bahasa biasa seperti yang dipergunakan dalam percakapan sehari-hari – natural language, ada juga yang menggunakan bahasa matematis yang dalam istilah teknis dikenal sebagai boolean search.

Karakteristik Pencarian

Sisi lain adalah memilih link ke website mana yang akan di-click ketika daftar hasil pencarian telah ditampilkan. Masing-masing individu memiliki selera sendiri untuk memilih link kalaman web yang mana yang di-click lebih dulu. Tidak selalu yang berada di ranking pertama menjadi pilihan pertama. Relevansi dari TITLE dan kalimat yang ditampilkan bersama dengan link memiliki peranan yang sangat menentukan.

Fakta yang sangat menarik adalah bahwa lebih dari separuh orang dewasa di Amerika Serikat membuka mesin pencari setiap kali mereka online. Mengingat di negara semaju AS koneksi internet sudah menjadi fasilitas sehari-hari kebanyakan rumah tangga layaknya sebuah televisi, bisa disimpulkan bahwa mereka setiap hari berinteraksi dengan mesin pencari.

Di negara yang sama, orang lebih memilih untuk menggunakan mesin pencari daripada buku telepon atau halaman kuning ketika memerlukan alamat atau nomor telepon dari perusahaan tertentu.

Seperti bisa ditebak, tidak ada statistik yang serupa untuk negara kita. Jelas bahwa tingkat melek internet jauh lebih rendah dari negara maju. Tapi fenomena mejamurnya warnet dan turunnya biaya koneksi broadband cukup untuk menyimpulkan bahwa kita juga sedang menuju arah yang sama.

Tentu kita bisa melihat potensi bisnis luar biasa yang bisa kita dapatkan melalui mesin pencari.

0/5 (0 Reviews)
0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *