Pada satu sisi kita bisa memandang SEO sebagai teknik memanipulasi mesin pencari. Tiapi jangan sampai berlebihan, salah-salah mesin pencari akan mendeteksi upaya manipulasi anda, dan ranking website anda akan diturunkan, atau bahkan website anda pisa dikeluarkan dari indeks. Kalau anda belum pernah mengalaminya, percayalah bahwa ini benar-benar terjadi, bukan hanya gertak sambal nya mesin pencari.

Yang Bisa Dilakukan

  • Membuat website yang memiliki meta tag, isi, elemen grafis, dan kata kunci yang teroptimasi dan dapat membantu menaikan ranking website kita.
  • Menyebar penempatan kata kunci pada isi website selama tidak menyimpang dari konteks topik secara keseluruhan.
  • Menempatkan reciprocal-link ke website kita dengan catatan link tersebut datang dari website yang relevan.
    Memobilisasi pengunjung melalui berbagai macam cara yang wajar, termasuk iklan online berbayar, pertukaran iklan, dan kampanye pemasaran lainnya.
  • Men-submit website kita secara manual ke mesin pencari, alih-alih menunggu sampai mesin pencari datang sendiri untuk membaca dan menganalisa website kita.

Yang Tidak Boleh Dilakukan

  • Menipu mesin pencari dengan menyembunyikan peletakan kata kunci pada isi website. Cara ini sangat beresiko dan dapat dideteksi oleh hampir semua mesin pencari.
  • Memobilisasi link secara masal dari website-website yang tidak relevan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil analisa link yang dilakukan mesin pencari. Kebanyakan mesin pencari – khususnya mesin pencari primer – memiliki mekanisme yang mampu mendeteksinya.
  • Memobilisasi pengunjung secara masal sehingga website kelihatan seperti lebih populer dari yang sebenarnya. Sekali lagi, mesin pencari memiliki cara untuk mendeteksinya.
  • Men-submit website kita secara manual ke mesin pencari secara berulang-ulang. Sebagai patokan, jika anda merasa perlu untuk menglang proses submit manual ke mesin pencari, tunggu sekurang-kurangnya enam minggu.

Berharap mesin pencari akan memberikan rangking yang bagus begitu website yang telah kita optimasi dikunjungi dan dibaca oleh mesin pencari. Memerlukan waktu untuk membangun “reputasi” terutama untuk website-website baru. Ingat, SEO adalah sebuah proses, bukan instan seperti Google Adwords atau Google Ads.

0/5 (0 Reviews)
0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *