Mempelajari mesin pencari dan cara kerjanya memungkinkan kita untuk memanfaatkan mesin pencari untuk keperluan bisnis kita. Mempekerjakan mesin pencari untuk menjadi mesin uang ke kantong kita. Ada berbagai teknik untuk menempatkan website kita di posisi puncak mesin pencari untuk pencarian dengan kata kunci yang relevan. Dengan demikian mesin pencari akan menjadi tenaga penjual yang efektif untuk mendatangkan pengunjung untuk mengunjungi website kita dan membeli produk yang kita tawarkan.

Mempekerjakan Mesin Pencari

Optimasi mesin pencari (Search Engine Optimization – SEO) pada dasarnya adalah teknik perancangan website untuk memaksimalkan ranking di mesin pencari. Artinya setiap elemen di website dibuat dengan tujuan untuk mencapai puncak mesin pencari. Elemen-elemen tersebut diantaranya adalah:

  • Pintu masuk dan pintu keluar.
  • Judul halaman.
  • Isi website.
  • Gambar.
  • Struktur website.

Selain elemen-elemen diatas, beberapa hal lain juga penting untuk mendapat perhatian diantaranya kata kunci, link, kode HTML, dan penggunaan Meta Tag. Meskipun kita telah melakukan optimasi terhadap semua elemen website, tidak serta merta website kita akan mandapatkan ranking yang baik di mesin pencari. Faktor lain seperti kampanye periklanan online dan frekuensi update terhadap isi website turut menentukan.

Perlu difahami bahwa konsep SEO tidak hanya tergantung pada satu elemen, tetapi merupakan kombinasi dari sejumlah elemen, faktor, dan tentunya strategi yang tepat. SEO tidak selesai begitu website selesai dibangun, tetapi merupakan proses yang berkesinambungan, seumur hidup website.

Karena SEO merupakan proses yang berkelanjutan, target dan sasaran juga terus berubah. Sama seperti permainan memukul katak yang banyak tersedia di pusat-pusat permainan seperti Timezone. Seekor katak kecil akan muncul dari lubang secara acak.

Tugas anda adalah memukul katak yang muncul sebelum dia bersembunyi lagi, dan katak lain muncul di lubang yang berbeda. Permainan ini dapat membuat kita putus asa karena pada umumnya hanya sedikit – kalaupun ada – katak yang berhasil kita pukul. Tetapi semakin sering bermain, kita akan semakin terlatih, dan mahir melakukan permainan ini.

0/5 (0 Reviews)
0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *