SEO Adalah Search Engine Optimization, atau Optimalisasi Mesin Pencari. Apa Itu SEO? Apa Tujuan SEO serta Bagaimana Teknik Optimasi SEO yang Benar. Simak Pembahasannya.

Perkembangan dunia teknologi membuat pola dan cara berbisnis di dunia juga ikut berubah, namun perubahan tersebut membuat banyak langkah-langkah baru yang membuat cara berbisnis lebih efektif dan efisien.

Salah satu teknik pemasaran online yang banyak digunakan adalah SEO, akan tetapi masih banyak yang belum paham tentang apa itu SEO, dan fungsinya dalam pemasaran digital.

Kali ini kami akan membahas tentang apa itu SEO, Pengertiannya, serta Cara menggunakan teknik SEO dalam pemasaran digital menggunakan platform mesin pencari, yaitu Google.

Pengertian SEO menurut PuGaGo

Kata SEO, merupakan singkatan atau akronim dari Search Engine Optimization. Kata tersebut merupakan istilah Bahasa Inggris yang telah populer sejak Google masih merintis bisnis pencari mereka. Istilah SEO atau Search Engine Optimization ini telah ada sejak zaman yahoo merajai situs mesin pencari.

Pengertian SEO adalah optimalisasi sebuah website, blog, maupun situs lainnya agar berada pada posisi teratas dihalaman pencarian google. Google menilai dan meranking sebuah website, berdasarkan algoritma mesin pencari yang diterapkan oleh google.

Lalu? Bagaimana cara algoritma Google menempatkan sebuah website agar bisa ada di halaman 1 Google, padahal ada ribuan, bahkan jutaan hasil pencarian yang ada pada kata kunci yang sama. Lalu bagaimana cara google, menempatkan dan mengurutkan posisi website yang ada dipencarian halaman situs mereka?

Cara Kerja Algoritma Mesin Pencari Google

Google merupakan sebuah mesin, yang diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia. Sebaik mungkin mereka selalu memberikan perubahan-perubahan agar user yang menggunakan Google sebagai mesin pencari, berhasil menemukan apa yang mereka cari sebenarnya.

Seiring dengan perkembangan teknologi, Google juga berkembang dengan algoritma yang mereka miliki. Algoritma Google inilah yang membuat dan menempatkan sebuah website agar berada pada posisi yang seharusnya, dengan tujuan si pengguna google benar-benar menemukan apa yang mereka cari.

Sebenarnya, Google sudah mempublikasikan bagaimana cara algoritma mesin pencari mereka bekerja, Simak Ulasannya di : How Google Search works

Pada Halaman tersebut Google telah menjelaskan bagaimana mesin pencari mereka bekerja, untuk menemukan apapun yang dicari oleh pengguna Google.

Pada dasarnya, Google menilai kualitas dan popularitas sebuah website, untuk diurutkan pada posisi yang sepantasnya sesuai dengan nilai website itu masing-masing.

Lalu, apa saja point yang menentukan nilai dan kualitas sebuah website tersebut?
Pada halaman “How Google Search works“, telah dijelaskan bahwa ada beberapa point yang dinilai oleh Google, yaitu :

Content

Sejak awal kami memasuki dunia digital marketing, istilah “Content is The King”, tetap saja bertahan. Google menilai sebuah website berdasarkan informasi yang disajikan oleh si pemilik website, semakin menaik dan sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna, maka google akan memberikan rating yang bagus untuk website anda.

Membuat sebuah website dengan konten yang berkualitas dan enak dibaca, tentu tidaklah mudah. Oleh karena itu, saat ini banyak sekali yang menawarkan jasa penulisan artikel, dengan kualitas konten yang baik. Salah satunya adalah anak perusahaan kami, yaitu ContentWritter.Com.

ContentWritter.Com telah melayani jasa penulisan artikel sejak tahun 2010 yang lalu, hingga saat ini sudah ratusan ribu artikel yang ditulis oleh tim penulis artikel profesional kami.

Desain

Desain yang simple dan menarik, warna yang jelas, serta posisi menu dan navigasi website juga ikut menentukan posisi website anda di halaman pencarian google.

Sharing

Counting atau jumlah dari sharing sosial media, juga ikut menentukan nilai website anda di mata Google. Semakin banyak yang mereferensikan website anda, maka akan semakin bagus juga nilah website tersebut. Tentu, Google akan memberikan posisi yang lebih baik untuk website anda.

Internal Link

Penentuan Internal Link, atau Tautan yang menuju halaman lain, pada situs yang sama juga akan memberikan point positif untuk website anda. Semakin relevan tautan internal yang anda berikan pada content tersebut, maka akan semakin baik juga nilai website anda.

External Link

External Link, ini merupakan tautan yang menuju website lain yang berasal dari website anda sendiri. Sama halnya dengan Internal Link, External Link yang relevan juga ikut membantu posisi website anda di halaman pencarian Google. Dan ini merupakan salah satu element SEO, yang sering dilupakan oleh webmaster.

Tautan dari Situs Lain ( Backlink )

Backlink atau Link dari website dengan domain yang berbeda dengan domain anda, sangat mempengaruhi posisi pada pencarian Google. Semakin relevan link yang masuk ke website anda, dari website lain, maka akan semakin bagus kualitas website anda di mata Google.

Sejak dahulu, Backlink menjadi faktor penting dalam Optimasi SEO, dan perlu diketahui juga bahwa, link yang asal-asalan juga bisa membuat sebuah website terlempar atau bahkan hilang dari halaman pencarian Google. Anda harus hati-hati untuk memilih backlink yang berkualitas untuk situs anda.

Review dari Website Lain

Artikel yang mengulas tentang website anda di website lain, dan memberikan backlink dengan kata kunci yang relevan, akan sangat membantu dalam optimasi SEO. Saat ini banyak yang menggunakan PBN [Privat Blog Network] Untuk mendapatkan review positif, untuk mendongkrak posisi websitenya di pencarian Google.

Selain itu, review-review dari situs berita yang memiliki traffic yang tinggi, akan membuat website tersebut menjadi lebih populer dan disukai oleh bot crawler google.

Tujuan SEO Berdasarkan Teori Digital Marketing

Lalu, apa tujuan dari SEO itu yang sebenarnya?

Pada dasarnya sebuah website dibuat dan didevelop, tujuannya adalah agar bisa dilihat oleh orang atau pengguna internet, terlebih lagi dengan orang yang memiliki passion dan kebutuhan akan pembahasan yang ada pada website tersebut.

Ketika anda memiliki sebuah website, baik itu berbentuk website company profile, website toko online, atau web blog sekalipun. Tentu, anda ingin orang lain beramai-ramai mengunjungi website anda tersebut bukan.

Nah, salah satu cara yang paling efektif adalah dengan cara menempatkan posisi yang teratas pada saat seseorang mengetikkan kata kunci tertentu pada mesin pencari Google. Itulah tujuan SEO yang sebenarnya.

Tujuan SEO tersebut bisa jadi mendatangkan berbagai manfaat yang berbeda bagi si pemilik website, selain bisa mendapatkan kunjungan. Untuk sebuah toko online, ketika dapat mencapai posisi rangking 1 Google, maka potensi penjualan bisa didapatkan.

Pada intinya, tujuan dari SEO adalah mendatangkan traffic atau kunjungan dari pengguna Google secara organik dari jalur penelusuran mesin pencari Google. Untuk mendapatkan traffic organik tersebut, webmaster atau si pemilik website harus bisa masuk ke halaman 1 pencarian google secara organik juga, tanpa iklan google ads dan lainnya.

Teknik SEO yang Tepat untuk Sebuah Website

Berbicara mengenai SEO, memang tidak akan pernah ada habisnya. Dari hari ke hari, teknik SEO yang digunakan oleh para pakar SEO baik di Indonesia, maupun Pakar SEO Internasional selalu berubah dari waktu ke waktu.

Namun, tetap saja inti yang paling penting adalah content atau kualitas artikel pembahasan yang disajikan oleh si pemilik website.

Lalu, Apa Teknik SEO yang paling tepat menurut PuGaGo?

Menurut Study Kasus SEO yang dilakukan PuGaGo secara berkala, banyak hal yang bisa kami ambil sebagai pedoman, dan dapat disimpulan bahwa Teknik SEO Organik yang tepat menurut study kasus kami adalah Sebagai Berikut :

SEO ibaratkan sebagai sebuah tanaman, Content ibaratkan sebagai sebuah Tanah atau Ladang tempat menanamnya, dan pupuk sebagai sarana untuk mempercepat dan menyuburkan tanaman tersebut.

Menurut Studi Kasus SEO Kami, Content adalah faktor utama dalam teknik optimasi SEO, tanpa konten yang bagus, seberapapun bagusnya backlink yang ditanam dan didapatkan tidak akan bisa membuat google meranking website anda ke posisi teratas.

Lalu, bagaimana cara menuliskan artikel yang SEO Friendly, yang baik dan benar menurut google? Hal ini sudah kami bahas sebelumnya, silahkan baca di “Cara Membuat Artikel yang SEO Friendly dan Menarik”

Setelah menuliskan artikel dengan baik dan menarik, lalu apa itu sudah cukup? Menurut studi kasus SEO yang kami lakukan secara berkala, itu belum cukup.
Stuktur Content, peletakan kata kunci yang pas, serta posisi link internal dan eksternal link yang tepat, akan menunjang teknik SEO yang dilakukan. Hal ini biasa disebut dengan SEO Onpage.

SEO Onpage adalah Optimalisasi Website secara internal, atau dari dalam website itu sendiri agar lebih maksimal dan baik dimata Google Bot Crawler.

Secara Offpage, Backlink juga ikut menentukan SEO sebuah web, backlink dari situs-situs populer akan membuat posisi website semakin bagus dimata Google.

Nah, itulah pembahasan mengenai Pengertian SEO, Teknik SEO dan Cara Optimasi SEO Sebuah website. Semoga Bermanfaat.

0/5 (0 Reviews)
0/5 (0 Reviews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *